September 14, 2014

2MG3T (Part 1)


   Pendampingan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar (Kontekstual).
Setelah pelatihan penggunaan alat peraga selesai, guru-guru kemudian mempraktekan cara menggunakan alat peraga pada proses belajar mengajar. Mengingat jumlah siswa yang terbatas, maka praktek mengajar hanya dibuat dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah siswa kelas 2 dan 3 yang belajar pengukuran waktu (jam) dan pengukuran jarak (centi meter). Kelompok kedua terdiri dari 6 orang siswa yaitu satu orang kelas 4, tiga orang kelas 5, dan tiga orang kelas 6. Pembelajaran dirasakan sangat bermakna oleh siswa dan guru ketika proses belajar mengajar memanfaatkan alat sekitar yaitu sungai. Dalam hal itu, kelompok pertama menanyakan kepada siswa pukul berapa mereka bangun pada pagi harinya?, pukul berapa pergi ke Gereja untuk melaksanakan ibadah Safari Natal?, dan pukul berapa mandi?. Setiap jawaban siswa kemudian diperagakan dengan menggunakan jam manual. Setelah mengenal satuan waktu, siswa kemudian diajak untuk mengukur tinggi badan masing-masing yang dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk mengukur dalamnya sungai tempat mereka biasa mandi. Gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar dapat dilihat pada gambar berikut ini:
DSCN0247.JPG
DSCN0264.JPG
Gb 15.
Siswa memanipulasi alat peraga

Gb 16.
Guru model dan observer dalam kelas
DSC00172.JPG
DSC00169.JPG
Gb 17.
Salah satu siswa mengukur kedalaman sungai dengan kayu
Gb 18.
Siswa didampingi oleh guru mengkur kedalaman sungai dengan alat ukur baku

Tidak ada komentar: