Desember 26, 2008

Ruang Diskusi

Teman-teman blogger yang saya hormati, blog saya ini sebagian besar terkait dengan Pendidikan Matematika dan Filsafat Pendidikan Matematika. Seandainya para pengunjung tercinta memiliki suatu topik terkait dengan Pendidikan Matematika yang bisa didiskusikan, silahkan posting pada halaman ini. Kita bisa mendiskusikannya dan memberikan tanggapan berdasarkan pemikiran kita sendiri dan wawasan yang kita miliki.
Sekali lagi saya persilahkan. Terima Kasih (Jero)

2 komentar:

Mulyati mengatakan...

Makasih banyak mas atas atensinya sama tulisan saya (meski hanya pengalaman kecil sepeti itu). Maaf baru bisa balas sekarang. Kemarin-kemarin baru banyak tugas, jadi belum sempat kasih tanggapan balik.
Terkait judul yang mas Jero ajukan memang menarik ya, karena memang blog untuk kalangan pelajar kayaknya baru tren akhir-akhir ini. Kalau pendapat saya, berkaitan relevansi judul antara variabel dependen dan independen asal mas Jero punya acuan dan tidak kesulitan untuk menjabarkan masing-masing variabel (pembelajaran open ended dan penalaran & komunikasi) ke dalam indikator-indikator yang terkait tidak masalah. Lagipula sekarang juga banyak literatur yang relevan. Kalau untuk portofolionya kan gampang bagi anak-anak SMA. Dan pemilihan judul dengan “pendekatan” saya rasa juga lebih fleksibel dibading “strategi”.
Atau jika mas Jero kesulitan, mungin variabel terikatnya bisa dipilih kemampuan pemecahan masalah, karena pendekatan open ended menurut saya lebih cocok ke sana, karena banyak alternatif jawaban.
Pengalaman saya dulu ketika saya buat karya ilmiah mengankat e_learning (2005) juga memanfaatkan portofolio dari murid-murid saya. Waktu itu saya suruh murid-murid saya membuat kliping matematika dari internet. Ternyata banyak hal yang saya temukan tidak terduga sebelumnya. Murid-murid saya yang awalnya tidak punya basic computer memadai ternyata menemukan materi, maupun artikel-artikel matematika yang menarik. Dan banyak yang bisa dimanfaatkan untuk memperkaya materi yang sedang dipelajari.
Pada rencana subyeknya Mas Jero, mungkin nanti materi portofolionya bisa lebih dispesifikkan lagi untuk materi atau bahasan tertentu, karena untuk anak SMA apalagi di Yogyakarta sudah lebih mahir dalam hal blog.
Itu dulu mungkin mas yang bisa saya sampaikan, soalnya secara detail saya belum memahami permasalahan yang akan diteliti mas Jero karena pengetahuan saya yang kurang. Harapan saya dengan blog ini kita bisa saling berbagi pengalaman.
Nanti saya tunggu pengalman mas Jero biar kita bisa saling berbagi. Karena saya yakin, ilmu bisa kita dapatkan di mana saja dan dari siap saja, dan mungkin lebih banyak daripada yang kita dapatkan di bangku formal. Makasih (Atik)

Shulfan Aceh S2 UGM mengatakan...

Salam kenal juga sesama insan matematika, walau letak geografis yang sangat jauh namun sarana ini bisa mempertemukan ide dan konsep tentang kemajuan metematika dan pendidikan matematika baik tingkat nasional ataupun internasional. Saya hanya seorang guru yang sekarang sedang kuliah di S2 sangat mengharapkan saling mengisi share sesama insan matematika.
Thank. from your friend (NAD)